Cara Bekerja (Ausbildung) di Jerman Melalui Agent Murah

versi video 

Tujuan artikel ini ditulis karena saya ingin membantu membagikan informasi untuk mendapatkan penyalur tenaga kerja terbaik yang dalam arti termurah dan terpercaya untuk bekerja di Jerman terutama bagi yang tidak memiliki penjamin (kenalan, relasi, keluarga, pacar, suami, dll) di Jerman. 
Ausbildung adalah pelatihan keahlian atau profesi di Jerman yang kalau di Indonesia istilahnya seperti mengambil pendidikan level D3-D4 di sekolah tinggi kejuruan. Hanya saja versi kerennya sekolah tapi kita yang digaji. 
Nah, tahukah kamu bahwa negara Jerman sedang dalam krisis tenaga kerja terutama dalam bidang perhotelan dan pelayanan dalam rumah sakit lansia? Saat ini, pemerintah Jerman sedang membuka lowongan sebesar-besarnya bagi tenaga kerja asing yang memiliki minat untuk bekerja pada kedua industri tersebut. Apakah ada jurusan ausbildung selain perhotelan dan rumah sakit lansia? Jawabnya ada, banyak akan tetapi karena topik pada artikel blog kali ini khusus membahas tentang jalur bekerja ke Jerman lewat perantara Herr Woflgang Nickel maka saya hanya akan menginformasikan jurusan ausbildung yang beliau tawarkan karena memang nyatanya Jerman sedang krisis kekurangan pekerja pada kedua jurusan ausbildung tersebut jadi lebih memberikan peluang yang besar untuk bekerja tanpa adanya persaingan yang begitu ketat dengan warga Jerman sendiri. 
Bukannya bermaksud mempromosikan agent tertentu, saya tidak pernah dibayar untuk itu.
Tak sedikit dari kenalan-kenalan saya sesama pejuang ke Jerman yang pernah mencari infomasi agent penyalur tenaga kerja dimana-mana dan biasanya agen-agen tersebut akan mematok biaya administrasi dari kisaran IDR 10-50 juta. Biaya yang relatif mahal hanya untuk sebuah tarif administrasi ausbildung, lalu apakah kita harus menunggu berbulan-bulan bekerja untuk balik modal? Jerman yang sedang butuh pekerja-pekerja asing seperti kita, lalu kita yang harus harus bayar mahal? Say, no way.
Langsung saja, inilah sekilas tentang persyaratan dan penawaran tersebut.

Brosur oleh Herr Nickel
☆ Syarat:
  • Lulusan SMA dari Indonesia usia 18 tahun ke atas
  • Mempunyai sertifikat bahasa Jerman A2 dari sertifikasi Goethe-Institut di Jakarta, Bandung atau Surabaya
  • Mempunyai passport yang masih berlaku
☆ Metode Pelatihan Keahlian:
  • Kerja praktek 3 hari/Minggu (max. 8 jam sehari) 
  • Pelajaran teori 2 hari/Minggu (termasuk sekolah bahasa jerman) 
  • Hari Libur 2 hari/Minggu
☆ Fasilitas yang Disediakan Pihak Perusahaan Hotel/Rumah Sakit Lansia:
  • Tempat tinggal (kos-kosan kecilan) termasuk biaya tambahan (listrik, air, perabotan, dll), maksimal 2 orang per kamar, dapur, kulkas, wc, mesin cuci untuk dipergunakan bersama, dll)
  • Makan 3 kali sehari
  • Asuransi kesehatan
  • Wi-Fi dengan koneksi cepat (fasilitas penunjang tersebut merupakan hal wajib di Jerman)
  • Transportasi umum pulang-pergi
  • Tiket pesawat dari Jakarta ke Jerman akan didahulukan perusahaan dan dicicil dari gaji setiap bulannya
☆ Biaya Administrasi Pengurusan Ausbildung untuk Agent:
  • IDR 5.000.000 (sangat murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh agen-agen lain), sudah termasuk jasa pengurusan work contract ke Träger, jasa penjemputan setibanya di Jerman, belum termasuk jasa pengurusan VISA, VISA harus kamu sendiri yang urus!
☆ Gaji Ausbildung dari Perusahaan:
  • IDR 7.500.000 - 8.000.000 netto untuk tahun pertama dan akan naik setiap tahunnya. Kisaran gaji tersebut sudah dipotong pajak asuransi, cicilan pesawat, dsb. Perlu diingat, melalui pendaftaran jalur mandiri tentu saja upah Azubi yang ditawarkan sedikit lebih banyak dari nominal yang saya sebutkan diatas yang menurut hasil cek dan ricek saya sendiri sewaktu di Jerman, gaji rata-rata Azubi mulai tahun 2018 sebesar IDR 10.000.000 - 14.000.000 netto di tahun pertama dan akan naik per tahunnya tergantung jurusan, belum termasuk bonus per tahun jika ada. 
  • Berapa kisaran rata-rata gaji setelah mengikuti sertifikasi Ausbildung? Untuk kerja full-time, kisaran gaji rata-rata sebesar IDR 45.000.000 - IDR 55.000.000 brutto. Nah, karena di Jerman wajib bayar pajak yang cukup tinggi, nilai brutto tersebut jika telah dikurangi pajak asuransi, tunjangan hari tua, dan berbagai macam pajak lainnya akan menjadi IDR 25.000.000 - 35.000.000 netto, netto tersebut adalah gaji bersih yang sepenuhnya masuk kantong, plus bonus tunjangan pertahun yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan besar (tiap perusahaan memiliki tarif bonus yang berbeda). 
Setelah kamu menyelesaikan Ausbildung selama 3 tahun tersebut, tentu saja setelahnya kamu dapat mencari pekerjaan tetap di Jerman sesuai dengan jurusan keahlian Ausbildung yang telah kamu dapatkan tapi juga ada beberapa orang yang memilih balik ke Indonesia setelahnya, yang menurut saya sangat disayangkan. Ada juga kenalan saya yang menyelesaikan ausbildung di bidang profesional keperawatan di rumah sakit yang karena merasa tidak betah di Jerman tapi juga tidak mau balik ke Indonesia karena alasan gaji yang lebih rendah lalu akhirnya memutuskan untuk ke USA dengan sertifikat Ausbildung tersebut, dan benarnya sertifikat tersebut disetarakan dengan level Bachelor (S1) di USA. Good to hear, isn't it? Tiap negara kan beda kan ya, jadi silahkan cari informasi saja sendiri mengenai hal itu. 
Bagaimana dengan perpanjangan VISA? VISA yang akan kamu gunakan untuk Ausbildung adalah jenis VISA Nasional yang berarti kamu dapat memperpanjang periode waktu VISA kamu tergantung dari masa kontrak Ausbildung maupun setelah Ausbildung yang ditetapkan (periode unlimited), perpanjangan VISA dapat dilakukan di Jerman dan tidak harus kembali ke kedutaan Jakarta untuk melakukan pengurusan tersebut.

☆ Jurusan Ausbildung Ditawarkan :
  • Restaurantfachfrau/mann (Waiter, Waitress)
  • Koch/Köchin (Cook laki-laki, perempuan)
  • Hotelfachfrau (Housekeeping perempuan)
  • Altenpflager/in (Assistant nurse/nurse perempuan atau laki-laki di rumah sakit lansia)
Sekali lagi saya tidak bermaksud untuk mempromosikan agent atau penyalur tenaga kerja oleh Herr Nickel, hanya saja bagi kamu yang ingin mencari agen yang teraman, termurah dan tercepat, maka agent inilah yang menurut saya terbaik. Kenapa saya berkata paling aman? Karena beliau sendiri adalah seorang warganegara Jerman sekaligus pemilik sebuah akomodasi berupa hotel di Jerman (orang mapan yang gak terlalu memprioritaskan isi dompetmu) dan sewaktu-waktu jika terjadi hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan kontrak perjanjian perusahaan, beliau mungkin saja dapat membantu kamu menghubungi pihak berwajib di Jerman jika kamu masih bingung mau lakuin apa. Pilih agent dari Indonesia seperti kebanyakan agent umumnya yang mematok biaya administrasi yang relatif tinggi atau agent dari Jerman langsung dengan biaya murah? Pilihlah dengan bijak. 
Beberapa teman saya telah mengikuti Ausbildung dengan perantara beliau dan mereka telah dikirim ke Jerman untuk mengikuti Ausbildung, alhasil semuanya berlangsung dengan aman tanpa proses yang ribet dengan biaya administrasi yang murah.
Hanya saja kekurangan dari agent tersebut adalah kemungkinan besar kamu akan ditempatkan di daerah-daerah pedesaan Jerman, kamu tidak dapat memilih untuk tinggal kota besar seperti Berlin, München, Cologne, dsb. Pemilihan akan random. Saya tidak dapat bertanya langsung kepada beliau mengapa demikian. Tapi menurut informasi yang saya dapatkan ketika saya berada di Jerman dan saya sendiri mengalaminya, hal itu dikarenakan kota-kota besar di Jerman umumnya memiliki biaya hidup yang relatif tinggi dan akomodasi yang terbatas, jangankan pihak Träger, pihak pemerintah Jerman saja saat ini sulit untuk menfasilitasi warganegara mereka sendiri untuk kebutuhan sewa tempat tinggal di kota besar,  Jerman lebih banyak merenovasi bangunan daripada membangun bangunan baru sedangkan permintaan akomodasi semakin tinggi apalagi Jerman salah satu negara incaran orang luar untuk bersekolah khususnya di kota besar membuat persaingan semakin ketat. Tapi jangan berkecil hati, jika kamu ingin memilih sendiri area spesifik yang kamu inginkan untuk mengikuti Ausbildung, masih ada jalan lain ke Roma, lebih baik untuk apply secara mandiri tanpa bantuan agent meskipun prosesnya memang lebih ribet seperti yang saya lakukan, meskipun juga saya sendiri tidak men-apply ausbidung tapi pada program lainnya. 

Note: Saya tidak mencantumkan private contact beliau di blog saya untuk menghindari contact yang saya berikan akan disalahgunakan. Jika ada pertanyaan seputar topik Ausbildung, baiknya cantumkan saja di kolom komentar agar orang lain yang membaca juga ikut dapat mendapatkan informasi.  

Baca juga "Cara Mudah Bekerja (Ausbildung) di Jerman Jalur Mandiri (Tanpa Agent)."

About the Author

Blog ini didirikan sejak tahun 2009 oleh Bunga Kurnia yang bukanlah seorang blogger aktif, hanya dikala waktu senggang menyempatkan waktunya untuk menulis blog meskipun dengan tulisan yang tak sempurna dan tak karuan, karena itulah blog ini dinamakan 'menulis bebas'.

Comments

  1. Halo mbak bunga kurnia, saya sangat bersyukur bisa menemukan blog ini. perkenalkan nama saya ratna dewi. mama saya berasal dari bali, papa saya dari pasuruan. keluarga besar dari pihak mama semua masih tinggal di bali. saya punya kakak laki laki, dari dulu dia ingin bekerja ke luar negri, pernah sekali ke australia, tapi semua data dibikin palsu, akhirnya dia hanya bertahan setahunan saja, karena takut bakal kena deportasi. hingga saat ini dia berusaha cari agen yang bisa memberangkatkan dia, namun susah sekali menemukan agen yang benar benar jujur & mau membantu, jadi saya sangat sangat berterima kasih atas artikel mbak ini.

    ReplyDelete
  2. Berapa harga bayar visanya?

    ReplyDelete
  3. Hallo mba bunga, Saya Very dari Bogor. Umur saya 18tahun dan sekarang saya sudah bekerja, saya sangat ingin mengikuti program ausbildung tapi ketika saya bertanya ke sebuah agen mereka mematok harga kisaran 30juta kak. Jika kakak berkenan bisakah saya meminta dipandu kakak untuk mengikuti program ausbildung yang langsung ke Herr Wolfgang Nickel? Terima kasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Very, apa sebelumnya sudah pernah belajar bahasa Jerman? karena syarat yang paling penting adalah lulus tes bahasa jerman level A2 atau sama seperti level beginner tingkat 2 di bhs Inggris.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hai bunga salam kenal 😊 saya mahu tanya ni td kan kamu bilang kamu bekerja ke German dgn cara Mandiri, gimana sih tu caranya dan apa2 ja procedur nya? Tq

    ReplyDelete
  6. Halo kak,saya mau bertanya,saya udah banyak baca beberapa blog yang mengatakan bahwa ada juga yg dari agen pak nickel ini ga sesuai dengan fasilitas yg tertera di brosur,apakah itu benar kak? Apakah betul" aman pake agen dari pak wolfgang nickel?

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika tidak punya akun Google+ untuk berkomentar, silahkan pilih opsi 'Anonymous/Tanpa Nama'