Artikel dalam Bahasa Jerman

Dalam Bahasa Jerman, artikel wajib hukumnya untuk digunakan terutama dalam penulisan kata benda. Hal ini berlaku seperti bahasa Inggris dimana kamu sudah mengenal bentuk the untuk bentuk benda yang pasti dan a/an untuk benda yang tak pasti. Artikel untuk benda yang pasti dikenal dengan bestimmte Artikel, sedangkan untuk yang tidak pasti disebut unbestimmte Artikel.
Artikel dalam bahasa Jerman ini dibagi sesuai gender yaitu maskulin, feminim dan neuter dengan bentuk dasarnya adalah der, die dan das. Selain itu, pementukan artikel nantinya akan mengikuti kasus dalam bahasa Jerman. Kasus berarti posisi sebuah benda dalam sebuah kalimat baik itu sebagai subjek, objek penyerta, penderita maupun kepunyaan.

A. Bestimmte Artikel
Artikel ini menunjukkan sebuah benda yang sudah pasti. Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan the, sedangkan dalam bahasa Jerman ada 3 yaitu der, die dan das serta ditambah dengan bentuk jamak (plural). Hal yang perlu diperhatikan adalah bentuk die (feminim) dan die (jamak/plural). Kamu bisa menghapal kosakata yang umum untuk akhirnya bisa menentukan artikel mana yang digunakan. Kalau sudah terbiasa, maka kamu akan dengan mudah membedakan bentuk singular (tunggal) terutama yang feminim maupun plural (jamak).

Gender
Bahasa Jerman
Bahasa Inggris
Maskulin
Der
The
Feminim
Die
The
Neuter
Das
The
Plural
Die
The

b.   B. Unbestimmte Artikel
Artikel ini menunjukkan sebuah benda yang tidak pasti. Dalam bahasa Inggris sering dikenal dengan a atau an. Kalau dalam bahasa Inggris penulisan artikel tergantung pada huruf vokal atau konsonan pada awal kalimat, dalam bahasa Jerman hal itu tidak berlaku, karena yang terpenting adalah gender sebuah benda. Hal yang sedikit membingungkan adalah ein (maskulin) dan ein (neuter). Kamu bisa mencoba menhapalkan kosakata mulai dari yang paling umum sehingga nanti terbiasa untuk menentukan apakah menggunakan ein (maskulin) atau ein (neuter).

Gender
Bahasa Jerman
Bahasa Inggris
Maskulin
Ein
a/an
Feminim
Eine
a/an
Neuter
Ein
a/a

c.   C.  Negativ Artikel (kein, keine)
Bentuk negatif ini sebenarnya hampir sama karena kamu hanya perlu mengubah bentuk seperti pada bestimmte ataupun unbestimmte Artikel saja. Penggunaan negativ Artikel ini biasanya digunakan untuk menyatakan kalau kamu tidak memiliki sesuatu atau bukan melakukan hal yang orang lain kira. Kamu bisa belajar dari tabel yang ada di bawah ini. Dalam bahasa Inggris mungkin bisa diartikan dengan not seperti misalnya kalimat “I am not a doctor“ (Ich bin kein Artz). Tidak perlu lagi menggunaka kein/keine, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan bentuk bestimmte maupun unbestimmte Artikel.
Kalimat salah     : Ich bin kein ein Artz
Kalimat benar    : Ich bin kein Artz

Gender
Artikel
Maskulin
Kein
Feminim
Keine
Neutrer
Kein

About the Author

Blog ini didirikan sejak tahun 2009 oleh Bunga Kurnia yang bukanlah seorang blogger aktif, hanya dikala waktu senggang menyempatkan waktunya untuk menulis blog meskipun dengan tulisan yang tak sempurna dan tak karuan, karena itulah blog ini dinamakan 'menulis bebas'.

Comments