Trik Membuat Jeans Sobek

1. Pilih celana lama yang mau diberi aksen sobek-sobek. Ngga perlu celana baru kok gan. Justru kalo celana nya udah agak usang, efek sobek-sobeknya jadi kelihatan lebih real dan natural. Pilih juga celana dengan gradasi warna dari terang ke warna yang agak gelap.
  17 

2. Pilih style robekan yang suka. Apakah robekan dengan serat-serat halus? robekan besar? robekan yang banyak atau sedikit? Dipilih dipilih dipilih…
  18 
3. Langkah selanjutnya, berdasarkan pilihan robekan, material yang dibutuhkan juga pastinya berbeda dong. Misalnya, kalo pilih robekan yang tampak usang, materialnya adalah sabut besi, amplas dan batu apung. Kalo lebih prefer ke robekan yang besar, bakalan butuh gunting sama cutter. Jangan lupa, gunakan balok kayu kecil sebagai alas untuk ditaruh dibagian dalam celana. Jadi, bagian belakang celana ngga ikutan sobek.

19 
4. Tentukan area robekan. Gunakan penggaris dan pensil untuk memberi tanda pada area yang mau dirobek. Tapi ingat, tandanya cukup berupa panjang dari robekannya. Kalo untuk lebar robekan dan detail robekan, cukup ditandai di dalam otak ente aja dulu gan

20 
5. Masukkan balok kayu ke dalam celana, lalu gunakan alat abrasif (antara sabut besi, amplas dan batu apung tadi) untuk digosokkan pada celana agan sampai celananya jadi tipis dan mulai keluar serat-seratnya. Proses ini mungkin agak sedikit lama gan, tergantung ketebalan dari celana jeans.

21 
6. Kendurkan serat-seratnya. Kalo ngga mau robekannya jadi lubang yang menganga, gunakan cutter untuk menarik serat secara perlahan pada area yang udah digosok tadi. Tarik juga benang-benang putih yang menempel keluar. Hal ini membuat robekannya jadi lebih detail dan natural gan.

22 
7. Juga bisa menggunakan gunting untuk membuat lobang kecil, lalu robek celana pake tangan. Kenapa pake tangan? supaya lebih natural. Kalo kita robeknya pakai gunting, hasilnya bakal terlihat terlalu rapi dan ngga natural.

23 
8. Langkah terakhir, jahit sekeliling robekan dengan benang putih atau benang dengan warna yang sama dengan jeans. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat celana, jadi robekannya ngga semakin besar ketika dipakai atau dicuci.

Kalo sukses, hasilnya bakal jadi kayak gini gan : 24

About the Author

Blog ini didirikan sejak tahun 2009 oleh Bunga Kurnia yang bukanlah seorang blogger aktif, hanya dikala waktu senggang menyempatkan waktunya untuk menulis blog meskipun dengan tulisan yang tak sempurna dan tak karuan, karena itulah blog ini dinamakan 'menulis bebas'.

Comments

Post a Comment

Jika tidak punya akun Google+ untuk berkomentar, silahkan pilih opsi 'Anonymous/Tanpa Nama'