Kenapa harus belajar bahasa Jerman?

Image result for german flag
Kenapa kamu harus belajar bahasa Jerman? Ini pertanyaan umum yang saya jumpai ketika saya memutuskan untuk belajar bahasa ini. Sebenarnya banyak alasan yang bisa dijelaskan di antaranya, adalah

a. Memiliki banyak penutur
Meskipun bukan merupakan bahasa internasional, bahasa ini merupakan bahasa dengan jumlah terbanyak di Benua Eropa, dengan kata lai bahasa ini termasuk salah satu bahasa terkuat di Eropa. Dengan sekitar 100 juta penutur yang tersebar di beberapa negara termasuk Jerman, Swiss, Austria dan beberapa negara lain, kamu tidak akan menemui kesulitan berarti ketika mengunjungi negara tersebut. Dengan adanya 20 juta orang di seluruh dunia yang mempelajari bahasa ini, tentunya akan semakin membuat kamu lebih termotivasi untuk belajar.

b. Bahasa yang penting di dunia perdagangan
Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia, tentu saja bahasa Jerman akan sangat membantu untuk memperkuat hubungan dengan negara Jerman. Jaringan yang kuat serta lokasinya yang berada di tengah benua Eropa tentu bisa menjadi berita bagus bagi Indonesia untuk semakin memperat kerja sama, salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasanya. Secara tidak langsung, kemampuan kamu dalam bahasa Jerman juga akan membuka jalan di pasar global.

c. Bahasa Pengetahuan
Bahasa Jerman dikenal sebagai salah satu bahasa akademik atau pengetahuan. Hal ini karena banyaknya penemuan dan teknologi yang ditemukan oleh ilmuwan asal negeri ini. Salah satu yang terkenal adalah Albert Einstein yang dijuluki sebagai salah satu manusia terpintar yang pernah ada di muka bumi ini. Beberapa ilmuwan lain adalah Kepler, Planck dan RĶ§ntgen. Disamping itu kamu juga akan melihat berbagai produk mobil, obat-obatan, bank dan lain-lain yang berasal dari negara Bavaria ini.

d. Bahasa Kebudayaan
Jerman dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kebudayaan hingga menelurkan berbagai sastra, musik dan filsuf yang menawan. Beberapa sastrawan kelas dunia Jerman yaitu Wolfgang Amadeuz Mozart, Beethoven dan Wagner (musik), Luther dan Nietzche (filsuf) yang karya pemikirannya sudah tidak diragukan lagi. Ada pula Goethe sebagai salah satu sastrawan besar, yang kini namanya diabadikan sebagai pusat kebudayaan Jerman dengan nama Goethe Institute.

e. Kesempatan Sekolah Gratis
Jerman dikenal dengan pemerintahan yang memberikan pendidikan gratis yang tidak hanya berlaku untuk warganeganya saja tapi juga berlaku untuk warganegara asing. Belajar bahasa Jerman akan mempermudah kamu untuk melanjutkan studi kesana, selain itu Jerman memang terkenal dengan banyaknya universitas kelas dunia khususnya universitas berbau teknologi.

f. Kesempatan Kerja
Banyaknya perusahaan Jerman yang tersebar di berbagai belahan negara termasuk Indonesia akan memprioritaskan mereka yang berbahasa Jerman. Terdapat pula lapangan pekerjaan yang luas dan terbuka lebar untuk warganegara asing dan tentu saja hampir sebagai besar perusahaan tersebut mewajibkan pekerjanya untuk berbahasa Jerman. Kemampuan bahasa Jerman akan sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan yang menarik di Eropa.

About the Author

Blog ini didirikan sejak tahun 2009 oleh Bunga Kurnia yang bukanlah seorang blogger aktif, hanya dikala waktu senggang menyempatkan waktunya untuk menulis blog meskipun dengan tulisan yang tak sempurna dan tak karuan, karena itulah blog ini dinamakan 'menulis bebas'.

Comments

Post a Comment

Jika tidak punya akun Google+ untuk berkomentar, silahkan pilih opsi 'Anonymous/Tanpa Nama'